BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 29 September 2010

Tips To Buy MIXER DJ Equipment

DJ Mixer adalah salah satu peralatan kunci dari setiap peralatan DJ Setup. Tanpa Mixer, tidak ada alasan untuk ngedj karena semua racikan musik wajib diproses disini.

Memilih mixer yg cocok untuk kita gunakan ngedj pertama kali memanglah sulit. Ada banyak variasi dan merek mixer dj yg ada dipasaran yg terkadang membuat kita pusing untuk menentukan mana yg paling pas untuk dibeli. Mulai dari model, harga, aftersales, spareparts, dsb membuat kita harus sedikit hati-hati karena salah membeli, bisa-bisa membuat kita menyesal karena uang yg harus kita keluarkan untuk alat ini tidaklah sedikit.

Tips To Buy DJ Equipment

Sebelum kamu membeli sebuah audio mixer atau peralatan dj apapun, sebaiknya pertimbangkan 3 hal berikut ini:

1. Berapa banyak budget yg akan dihabiskan?
Dengan mempertimbangkan budget, kamu dapat membuat pencarian mixer menjadi lebih mudah. Saat ini mixer dj dijual dengan harga mulai dari 700 ribuan hingga puluhan juta rupiah. Biasanya mixer harga murah memiliki kualitas yg kurang baik dibandingkan dengan harga yg lebih tinggi. Gue sendiri biasanya menentukan budget buat mixer diatas 2 jutaan karena dibawah harga tersebut rata-rata mixer dj tidak ada yg berkualitas bagus.

2. Apa saja music player (cdj, turntable, ipods, etc) yg akan dikoneksikan?
Apakah kamu menggunakan turntable, cdj, ipods, atau semuanya? Menjawab pertanyaan ini akan membantu kamu untuk menentukan berapa banyak channel yg kamu butuhkan di mixer yg akan kamu beli. Umumnya mixer DJ yg ada dipasaran memiliki 2 channel, 3 channel, 4 channel atau 6 channel. Tentukan berapa channel yg kamu butuhkan.

3. Fitur apa yg dibutuhkan?
Dengan perkembangan teknologi saat ini, ada berbagai macam fitur tambahan yg bisa kamu dapatkan pada sebuah mixer. Umumnya antara satu mixer dengan mixer yg lain memiliki fitur tambahan yg berbeda-beda. Mixer DJ khusus untuk club memiliki banyak effects suara sementara mixer dj khusus untuk scratch biasanya memiliki setelan crossfader.

Setelah 3 hal diatas kamu pertimbangkan pastinya kamu sudah bisa menentukan mana mixer yg cocok untuk kamu beli. Namun sebelum membeli, ada baiknya kamu mengenal 2 jenis mixer dj terlebih dahulu, agar kamu bisa memastikan pilihan mixer yg telah kamu tentukan sudah pasti cocok untuk kamu beli.

CLUB DJ MIXER

Club mixer atau lebih dikenal sebagai mixing mixer adalah mixer yg bisa kamu temukan di klub-klub atau bar yg memainkan dance music. Mixer jenis ini dipakai banyak Club DJ karena memiliki fitur-fitur yg sangat membantu dalam beat mixing seperti fitur audio effects, bpm counter, monitor channels, dsb. Beberapa Club DJ Mixer yg paling gue rekomendasikan adalah:









BATTLE DJ SCRATCH MIXER
Battle atau scratch mixer biasanya lebih kecil, lebarnya hanya 10 inci, dan memiliki 2 channel saja. Tampilannya sangat sederhana dengan crossfader yang licin, halus, dan dipakai untuk banyak penggunaan berat. Mixer jenis ini jarang ada yg memiliki fitur effects karena memang turntablist atau scratch dj lebih memilih memakai skill mereka untuk menciptakan suara-suara unik. Beberapa scratch mixer yg gue rekomendasikan adalah:





Demikianlah tips untuk memilih Mixer DJ. Cobalah untuk memilih mixer secara hati-hati agar kamu tidak berakhir dengan membeli mixer yg tidak sesuai. Banyak produk mixer dj saat ini yg mengklaim memiliki banyak fitur namun tidaklah begitu bagus dan maksimal. So, be smart dan sebelum membeli ada baiknya mencoba dulu beberapa mixer dan tanyakan pada beberapa DJ yg sudah professional yg sudah pernah memakainya. Thanks for reading and happy mixer dj hunting. (daftar pustaka:http://www.djteknika.com/dj-mixer/)

0 komentar: