BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 25 September 2010

“Belajar DJ: Scratching Part 3 – Teknik Dasar Drop Beat“

Pada artikel belajar dj scratch sebelumnya, kita sudah mempelajari bagaimana caranya mempersiapkan segala sesuatu yg diperlukan untuk belajar scratching dan latihan menguasai satu teknik dasar scratching yg disebut dengan Baby Scratch. Nah, dalam kesempatan kali ini, masih ada satu teknik dasar lagi yg wajib kamu pelajari agar kamu memiliki kemampuan dasar yg kokoh dalam mendalami dan menguasai ilmu scratching. Teknik dasar ini kalau dalam istilah DJ Angelo dinamakan “Drop” yg dalam prakteknya adalah melepas dan mengembalikan sample scratch kembali kepada posisi awal atau cuenya.

Tongkrongin video scratch tutorial part 3 dibawah ini:


Drop
Video: 0.46 – 2.17
Seperti yg gue katakan sebelumnya, Drop adalah cara melepas dan mengembalikan posisi sample scratch ke posisi awal atau cuenya. Hal yg perlu kamu perhatikan disini adalah posisi piringan hitam dari awal kamu melepaskan sample scratch dan posisi akhir pada saat suara sample scratch habis. Jadi, drop ini bisa dikatakan seperti belajar mengukur seberapa jauh posisi sample scratch dimainkan dan bagaimana cara mengembalikannya ke posisi awal dengan melihat marker (sticker label).

Drops To A Beat
Video: 2.17 – 3.11
Selagi kamu mempelajari teknik drop ini, mainkan sebuah musik atau beat kosong di turntable kamu yg satunya lagi lalu coba sesuaikan teknik drop bersamaan dengan hentakan musik yg kamu dengar. Idenya disini adalah untuk mempelajari bagaimana menyesuaikan kecepatan teknik drop dengan tempo musik yg sedang dimainkan agar kamu tidak melakukan drop terlalu cepat atau terlalu slow.

Baby Scratch + Drop Combinations
Video: 3.11 – End
Setelah Drops bisa kamu sesuaikan dengan tempo musik, kini saatnya untuk melakukan kombinasi dengan teknik Babyscratch yg sebelumnya telah kamu kuasai. Ini seperti melakukan combo atau gabungan dua teknik sekaligus untuk menciptakan suara scratching yg lebih kreatif jadi misalkan melakukan kombinasi 2 kali babyscratch dan 1 kali drops, atau 2 kali drop dan satu kali babyscratch. Kamu bebas untuk bereksperimen sesukamu selama suara scratch yg dihasilkan pas dengan musik yg kamu mainkan.

Thats all for today. Babyscratch dan Drop adalah dua teknik dasar yg wajib dikuasai oleh semua dj scratch sebelum mempelajari teknik yg lebih rumit karena ini adalah pondasi dasar dari scratching. Ambil waktu untuk latihan kedua teknik dasar tersebut, kombinasikan keduanya dengan musik yg berbeda-beda untuk membangun skill dan feeling dalam scrathing.

Next tutorial series adalah tentang teknik Tear, baca artikel ini untuk melanjutkan: “Belajar DJ: Scratching Part 4 – Teknik Tear“.

0 komentar: