BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 25 September 2010

CARA MEMASANG SERATO SCRATCH LIVE SL3


Anda sudah membeli Serato Scratch SL3 namun bingung bagaimana cara menggunak dan memasangnya?
Well, jangan khawatir. Serato tidak hanya diciptakan untuk membuat pengalaman ngedj anda lebih fun, tetapi juga didesain untuk dapat dipasang dengan mudah dan cepat.

Untuk memasang serato scratch sl3 anda, ada 3 tahap yg perlu dilakukan:
1. Setting Software (Melakukan instalasi dan setup software di Komputer).
2.Connecting Hardware (Meng-koneksikan peralatan (cdj/turntable-ke-seratobox-ke-komputer).
3. Playing with Serato Scratch Live.

Setting Up Software / Instalasi Software

Install Serato Scratch Live software atau download versi terbarunya disini: http://serato.com/downloads

Pengguna Windows:
Masukan CD Serato Software Installation yg terdapat didalam kotak Serato atau bila anda mendownloadnya dari internet unzip terlebih dahulu filenya lalu buka file Setup.exe dan ikuti langkah-langkah instalasinya.

Pengguna Mac:
Masukan CD Serato software installation yg terdapat didalam kotak Serato atau bila anda mendownloadnya dari internet unzip terlebih dahulu filenya lalu buka file installernya dan ikuti langkah-langkah instalasinya.

Connecting Hardware / Memasang Peralatan DJ ke Serato

Untuk memasang hardware / meng-koneksikan peralatan dj anda dengan Serato, perhatikan gambar dibawah ini:



Pada gambar diatas, anda tentu sudah dapat membayangkan bagaimana Serato di koneksikan ke peralatan dj anda. Pengaturan posisi Turntable/CDJ dan Mixer DJ tidak lah berubah atau berbeda dengan settingan posisi peralatan dj biasa yaitu kanan dan kiri turntable/cdj dan ditengah-tengahnya adalah mixer dj. Bila anda bermain dengan Serato, yg berbeda hanyalah koneksi kabel RCA (merah/putih) yg kalau biasanya dari Turntable/CDJ anda pasang langsung ke Mixer, untuk Serato anda harus memasang kabel RCA tersebut ke Serato Box dulu baru kemudian dari Serato Box ke Mixer DJ. Untuk keterangan lebih detail, baca penjelasan berikut ini.

Dalam memasang hardware Serato, ada dua hal yang harus anda perhatikan yaitu:
1. Input (koneksi dari Turntable/CDJ ke serato box (kotak serato)
2. Output (koneksi dari Serato Box (kotak serato) ke Mixer DJ)

Perhatikan gambar pemasangan kabel Serato Box SL3 berikut ini:



Keterangan:

Untuk bagian atas pada gambar Serato Box, ada 5 kabel koneksi Input:

- Kabel Merah (ada 2 kabel – Kanan dan Kiri) “Kabel RCA/Input Dari Turntable/CDJ” adalah koneksi untuk kabel RCA (merah/putih) dari CDJ/Turntable. Kabel 1 (Input 1) untuk Turntable/CDJ sebelah kiri, dan Kabel 2 (input 2) untuk Turntable/CDJ sebelah kanan.
- Kabel Hijau (ada 2 kabel – Kanan dan Kiri) “Ground” adalah koneksi kabel ground (hitam-kecil). Kabel ground dikhususkan untuk Turntable. Bila anda memakai CDJ maka tidak memerlukan Ground.
- Kabel Cokelat “Kabel Input” untuk Deck 3/Recording.

Untuk bagian bawah pada gambar Serato Box, ada 4 kabel koneksi Output:

- Kabel Biru “Usb” adalah koneksi kabel usb dari Serato Box ke Komputer.
- Kabel Merah (ada 2 kabel) adalah “Kabel Output ke Mixer DJ” atau kabel koneksi dari Serato Box ke Mixer DJ.
- Kabel Abu-Abu adalah kabel Adaptor untuk menambah tenaga untuk koneksi USB agar tidak membebani tenaga USB komputer.
- Kabel Ungu “Aux Out” adalah “Kabel Output ke Mixer DJ” atau kabel koneksi dari Serato Box ke Mixer DJ. Kabel ini biasanya adalah kabel Output untuk Deck 3 (Serato SL3 memiliki fitur 3 Deck / bisa digunakan untuk 3 Turntable atau CDJ”

Setelah anda memasang Peralatan DJ dengan Serato Box dan Komputer anda dengan benar, sekarang anda sudah bisa menggunakan Serato untuk ngedj.

Playing with Serato Scratch Live SL3

Berikut ini adalah langkah-langkah terakhir dari tutorial pemasangan Serato Scratch Live SL3 dimana anda akan bermain langsung menggunakan Serato.

1. Buka Software Serato Scratch Live yg telah anda install di komputer anda.
2. Pasang kabel usb dari Serato Box ke komputer.
3. Bila anda baru pertama kali menggunakan serato dan memakai sistem operasi Windows di komputer anda, biasanya Windows akan mendeteksi New Hardware dan akan menginstall driver. Bila komputer meminta driver Serato, drivernya ada didalam CD Software Installation, atau bila anda mendownload Software Serato maka drivernya ada di dalam folder file software yg anda download. Ikuti saja langkah instalasi softwarenya.
4. Saatnya anda bermain dengan Serato. Masukan Time-Code Serato / CD yg terdapat dalam kotak paket Serato anda ke masing-masing CDJ dan tekan “Play” atau bila anda memakai Turntable, masukan Time-Code Piringan Hitam/Vinyl yg juga terdapat dalam kotak paket Serato anda ke Turntable dan tekan “Play”.
5. Kembali ke komputer anda, dan mainkan lagu dengan cara mendrag (menyeret) file .mp3 dari daftar list lagu di daftar lagu (bagian bawah) ke dalam player sebelah kiri atau kanan. Untuk keterangan lebih lengkap tentang Software Serato Scratch Live dan cara penggunaanya, silahkan baca artikel tentang: “Serato Scratch Live 2.0″.
6. Selesai. Bila tidak ada masalah, maka anda bisa langsung ngedj dengan Serato, namun bila anda menemukan masalah, perhatikan lagi langkah-langkah diatas.

Bagaimana? Mudah kan cara memasang dan menggunakan Serato Scratch SL3 dengan Peralatan DJ anda? Semoga tips diatas bisa membantu dj yg baru menggunakan produk ini

Enjoy…
Video Tutorial Pemasangan Serato Scratch Live SL3:

0 komentar: